TAPE KETAN


tape ketan termasuk dalam makanan tradisional yang kini keberadaannya sudah menghilang namun sebaliknya keberadaan tape ketan di kecamatan kwanyar kabupaten bangkalan propinsi jawa timur masih tetap lestri dikarenakan menjadi suguhan utama dalam  acara persepsi pernikahan.

makanan tardisional ini jarang sekali bahkan tidak ada yang dijajakan oleh warung atau pun tempat makanan besar padahal ini adalah menu yang sangat enak dan nikmat. seiring perkembangan jaman keberadaan tape ketan ini hampir punah dan tersingkirkan oleh makanan ringan yang siap saji. 
makanan tradisional ini rasanya sangat enak dan manis sehingga kalau memakannya pasti akan ketagihan, tape ketan sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi adat dalam acara pernikahan, secara tidak langsung keberadaan tape ketan tidak hilang dan terus lestari sampai sekarang. masyarakat setempat khususnya di wilayah kecamatan kwanyar tape ketan menjadikan idola bahkan primadona sebagai hidangan utama dalam persepsi pernikahan, tape ketan ini memerlukan proses fermentasi dalam pembuatannya sehingga rasa dan aroma dari hidangan ini sangat manis, sedikit asam dan teksturnya sangat lembut. khususnya di wilayah kecamatan kwanyar kabupaten bangkalan propinsi jawa timur tape ketan mempunyai ciri khusus yang tidak pernah berubah dalam kemasan ataupun penyajiannya yaitu menggunakan alas berupa daun gayam dikarenakan daun tersebut tidak mudah layu dan dapat meningkatkan aroma dan rasa manis dari tape ketan itu tersendiri. cukup unik dalam pengemasan ini.
pembuatan tape ini cukup sederhana cukup kita menyediakan ketan, lalu menggunakan ragi sebagai alat fermentasi dan dibungkus dengan daun gayam, waktu yang dibutuhkan dalam fermensi untuk pemasakan agar manis biasanya didiamkan sekitar 2 hari agar rasanya dapat diunggulkan. kesabaran adalah kunci utama dalam pembuatan tapeketan dan diperlukan keuletan dalam pengelolaan tape ketan.
bahan pembuatan tape ketan antara lain ;
Ketan
Ragi
Daun Gayam
cara pembuatan tape ketan sebagai berikut ;
cuci ketan hingga bersih kemudian kukus ketan hingga masak lalu tiriskan, dinginkan sekitar 30 menit agar prosenya sempurna kemudian setelah dingin campurkan ketan dengan ragi aduk sampai merata kemudian diamkan sebentar sekitar 5 menit dan siapkan daun gayam sebagai pembungkus ketan, bungkus adonan ketan yang sudah dicampurkan dengan ragi sesuai dengan selera dan kebutuhan / keinginan. kemudian untuk penyempurnaan proses fermentasi ketan dibutuhkan waktu sekitar 2 hari. dalam semua prises pembuatan tape ketan dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam pengelolaannya. tape ketan yang masak dengan proses fermentasi  ini dipercaya berguna untuk melakukan pendietan / penurunan berat badan.
semoga keberadaan tape ketan terus lestari dan terus terjaga kwalitasnya, semoga bermanfaat dan menjadikan anda sebagai jagoan dalam pembuatan tape ketan tradisional.

1 comment:

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...