Silsilah Sunan Cendana

silsilah adalah urutan nasab mulai dari atas sampai ke bawah atau sebaliknya.
silsilah Sunan cendana menurut dari garis ayah, sebagian mengatakan bahwa beliau adalah putra pangeran Jaladasi Bin Pangeran Matahun Bin Panembahan Kukusan Bin Sunan Prapen Bin Sunan Sidomargi Bin Raden Paku atau Sunan Giri dan ada juga yang mengatakan beliau Putra Kyai Khatib Bin Sunan Derajat Bin Sunan Ampel. ada juga yang mengatakan beliau adalah putra Raden Santri Bin Ibrahim Asmoro. menurut dari garis ibu, beliau adalah Putra Nyai Gede Kedaton Binti Panembahan Kulon Bin Sunan Giri. selanjutnya Sunan Giri bin Maulana Ishaq bin Ibrahim Asmoro bin Jamaluddin Husain bin maulanan Ahmad bin Maulana Abdillah bin Amir Abdil Malik bin Alawy bin Muhammad bin Aly bin Alawy bin Muhammad bin Ubaidillah bin Ahmad Almuhajit bin Isa Albashry bin Muhammad Annaqib bin Aly Al'uraydhy bin Ja'far shadiq bin muhammad albair bin Aly Zaynil abidin bin Sayyidina Husain bin Sayyidina Aly Karramallahu waj'hah buah perkawinan dengan sayyidatina Fathimah Azzahra' radhiyallahu anha, bin Sayyidil awwalin wal akhirin Sayyidina Muhammad SAW.

116 comments:

  1. Assalamu'alaikum. mohon dijabarkan nama-nama cucu Sunan Cendana dari ketujuh putra-putri beliau. atau bisa juga dikirim ke alamat faraby_27@yahoo.co.id

    trims

    ReplyDelete
  2. dalam daftar putra dari Kiyai Ya'qub (Putramenggala), apa ada nama Pangeran Saba Pele? tolong diupload ya siapa saja putra beliau?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum. Silsilah yang ditulis di atas ini mirip riwayat yang disampaikan oleh Kiai Muzammil Murombuh, Kwanyar. Hari Sabtu 14 Sya'ban 1434 kemarin saya berkunjung ke kediaman beliau di Murombuh. Saya menanyakan perihal anak cucu keturunannya, namun banyak yang tidak tercatat, hanya sebagian daftar keturunan yang mengarah kepada pemilik catatan silsilah saja yang tercatat. Hal ini disebabkan karena pada zaman dahulu tidak ada lembaga yang mengurusi keturunan mengingat situasinya saat itu masih disibukkan oleh penjajah atau untuk berdakwah, sehingga kebanyakan keluarga hanya menyimpan silsilah yang besambung dengan dirinya saja itupun kadang tidak sempat menulis karena keadaan yang lapar dan berjuang. Begitu juga dengan putra-putri Sunan Cendana, terdapat beberapa versi. Saat ini yang paling bisa kita lakukan adalah mengumpulkan semua catatan/riwayat silsilah yang dicatat oleh masing-masing keluarga dan dikumpulkan menjadi satu. Kemudian diteliti dan dipelajari baru tahap selanjutnya kita dapa menyusunnya menjadi satu bagian yang utuh, sehingga Sunan Cendana tidak hanya dicintai para peziarah melainkan juga dicintai anak keturunannya.

    ReplyDelete
  4. mau tanya neh bang bro, Labbhuwan tuh Labbhuwan daerah mana yo? apa yg dimaksud adalah Labbhuwan pesisir selatan masuk daerah Sreseh Sampang ta?

    bagaimana juga dengan sebagian kisah yang menyatakan bahwa Sunan Cendana awalnya dari Kwanyar di Pasuruan sebelum tiba di Kwanyar Bangkalan dan lantas menamai daerah singgahan dan menetap hingga akhir hayat beliau dgn nama Kwanyar juga yo?

    ini info yg menarik banget, kalau memang ada rujukannya tulung dinformasikan saja nama-nama istri Sunan Cendana termasuk cucu-cucu beliau dari ketujuh putera-puteri beliau tsb seperti permintaan teman di atas, sehingga kita bisa saling melengkapi gitu hehehe...

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya...:)

    ReplyDelete
  5. sekedar mo ngasih info...di kampung BUJUR desa pesanggrahan Kwanyar ada salah satu keturunan Sunan Cendana, namun beliau tidak mau memunculkan diri,, beliau sudah wafat dengan meninggalkan seorang putra. beliau memiliki catatan silsilah yang di amini oleh Al Mukarrom Kiyai H. Hannan Nawawi. beliau bernama Bindara Abdul Mukti dan Putra Beliau bernama Bindara Abdul Rahman.
    Bagi yang ingin mencocokkan silsilah keturunan Sunan Cendana Silahkan silah sowan ke dhelem Bindara Abdul Rahman Bujur.

    ReplyDelete
  6. Ada bukti berdasarkan catatan sastra yg dikarang oleh R ANOM ZAINAL ABIDIN dimana beliau waktu itu datang ke bengkulu dan menikah dengan putri bangsawan pada thn 1810. Karya beliau sekarang ini di simpan/di ulas oleh universitas california;prancis;
    Singapore;malaisya. Dimana beliau dalam karya nya bercerita tentang keturunan dari cakraningrat IV. Yang ada dibengkulu.
    Karya yg fenomenal tersebut berjudul "SYAIR MUKOMUKO"
    silakan anda mencari di google tentang syair tersebut. semoga komen saya ini bisa menambah biografi..Dari Sunan Cendana.

    ReplyDelete
  7. oalah ini hamdiyah temen smp w yuachh..??? udah jadi blogger ternyata. salute!!

    ReplyDelete
  8. Saya pribadi yakin,,bahwa yg comment all ini berdarah aliran giri kdaton...salam tuk semua "by alhaqier abd rahman lutfi"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kok bisa,,mohon maaf belum paham🙏

      Delete
  9. Leluhur saya Gresik, mohon penjelasan jika ada yang tau anak cucu keturunan kiai irsyad/kiai jasad... (Saiful Amin bin Muhammad Sholihin bin Ahmad Muhammad Marzuqi bin Abdurrahman Waruju bin..... tidak tau, kata kakek nyambungnya ke Sunan Giri, wallahu a'lam)

    ReplyDelete
  10. saya juga ingin tahu lebih lanjut sampai ke turunan yg hidup di tahun ini. ada yang bisa ngasih alamat apa saja untuk membantu saya ????

    sebelumnya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. saya ingin mencari info kebenaran...ayah saya sekarang memiliki penyakit gatal2 di sekujur tubuhnya dan sdh bertahun2...entah apa yg menjadi pnyebabnya...setelah ditanya2 kepada saudara,hal tersebut mgkin ada kaitanya perjanjian sunan cendana dgn ikan(entah namanya apa) zaman dahulu, memang ayah saya memiliki keturunan beliau,menurut buku silsilah sih dari nyai komala binti sunan cendana,nah dr nyai komala ini banyak melahirkan keturunan di desa kami.dan berdasarkan buku silsilah yg pernah saya baca,sunan cendana adalah cicit sunan giri yg melalui putra beliau penambahan kulon(sunan giri II).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditempat saya ada silsilah sunan cendana sampai sunan giri
      Tapi kok ada versi beliau sampai sunan drajat??
      Bisa kasih tau dimana anda baca silsilah tersebut??

      Delete
    2. Bani Muhibbad (Bujuk Pejaten)March 4, 2021 at 1:07 AM

      Ayah dari Sunan Cendana adalah Raden Musa Bin Raden Qosim (Sunan Drajat)

      Delete
  12. Zahra@..coba kamu soan ke KH Hannan Nawawi Kwanyar atau ke Bindara Abdur Rahman Bujur...

    ReplyDelete
  13. asakum salam kenal saudara2ku,saya nurkholis bin quyairi bin zayyadi bin abdul mukthi bin ahmad bin bujuk tarbiyah pakong bin bujuk jekah bin kyai tabe bujuk moppoan bin kyai muhibbuddin bujuk pejaten bin nyai amianah bujuk lembhung binti kyai zainal abidin sunan cendana ,minta informasi mgkn ada yang punya,,,siapa suami nyai aminah ini dan kemana nasabnya???,,,syukron katsir!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mau tanya apa di keturunan nyai aminah ada yang bernama kyai muntarom/mohtarom mohon infonya 🙏terima kasih

      Delete
  14. Assalam wr.wb saudara2 saya ingin share apa betul menantu kh zainal abidin/sunan cendana yg bernama abdulloh suami nyai aminah itu abdulloh bin sayyid ali akbar bin sayyid sulaiman mojoagung jombang

    ReplyDelete
  15. aku punya silsilah nya karna menurut itu aku masih nasabnya jg ,Buju'cendana pny anak,Buju' Tonjung -B.sulasi - B.Qidam -B.husain - B.Abd Adzim - B.Abd somad danseterusnya sampai ke Bujuk Sumber kuning, Gilitimur , Kamal, Bangkalan

    ReplyDelete
  16. Assalamu a'laikum saya punya silsilah yg jg mengarah ke buju'cendenah dan itu dari garis enju' /(buyut) laki dan perempuan dan tujuan saya menampilkan ini untuk menambah ukhuwah islamiyeh namba tretan ban beleh/saudara,1 H.Imam binti 2.hj mudiyah bin 3.Bindereh Mas sihan binti 4.Dinmas sofiyah binta (5).R.mas bindereh H.imam(ini yg dari laki)bin 6.buju'Kiai Ahamad siddiq bin 7.bujuk Syeh Ahmad (buju' sumber kuning gili timur kamal) bin 8. buju' husain bin 9.bujuk abd qidam bin 10.bujuk sulasi bin 11.buju' tonjung bin 12.buju' cendenah( R.ZAINAL ABIDIN) Yg dariperempuan (5).DinMas Maiya(isrtinya R.mas bindereh Imam)bin 6.buju'Ja'far bin 7.buju'Abd rohim bin 8.buju'abdul mukarroh (banyuajuh) 9.bin buju' abdul mufid 10. bin buju' abdussomad 11.bin buju'abdul adzim 12.bin buju' sulase 13.bin buju' tonjung 15.bin buju' Cendenah R.ZAINAL ABIDAN

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum..... di daerah saya tepatnya di desa jambu kecamatan burneh ada salah satu keturunan sunan cendana ia bernama bujhuk labang nama aslinya syekh ustman, menurut putra putrinya syekh ustman/bujhuk labang merupakan putra syekh harun-syekh jalal-putra manggala-syekh zainal abidin(sunan cendan)

    ReplyDelete
  18. terimakasih infonya
    jazakumullah

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Oo ya..informasi ini saya dapat dari Kh.AbdulHannan Kwanyar.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. afwan, saya menurut kakek saya masih keturunan dari bani salasih (kyai salasih + Nyai salasih) dari kakek buyut saya yang bernama buju' soka. mungkin kita bisa bertukar informasi. syukron ini no WA / Hpe saya 085648881777

    ReplyDelete
  23. ada yang tahu sejarah tambak pocok bujuk korong ndak??

    ReplyDelete
  24. Saya puya silsilah yg dr kwayar atau dr kiai ya'kub putra manggala

    ReplyDelete
  25. Di kampungku ada yg nm nya buju, gidam/nama aslinya abdul gidam di desa tellok galis dengar2 ini makam bernasab ke buju, cendana bagi pencari nasab silahkan kunjungi makam nya di desa tellok kami hanya memberitahukan kepada yg masih punya hubungan nasab.….

    ReplyDelete
    Replies
    1. dmn kampung pean, makam sayyid abd qidam it ada di larangan pamekasan

      Delete
  26. dalam komentar ini masih banyak yg kurang jelas tulisannya, silahkan call saya ini no HP saya +6285336253666, insyaa'A saya siap menjelaskan semua pertanyaan para tretan

    ReplyDelete
  27. Suami nyai aminah lembung adalah sayyid abdullah lembung bin khotib madegan/khotib mantoh/khotinb sampang/pangeran pakebun bin panembahan kulon bin sunan giri. Sayyid abdullah lembung masih saudara sepupu dg sunan cendana dari jalur ibunnya yaitu nyai gede kedaton binti panembahan kulon bin sunan giri, jadi beliau menikah dg keponakan sepupunya, kalau ingin jelas silahkan ini no HP saya +6285336253666

    sayyid abdullah basyaiban itu mnakamnya d arosbaya dan istri beliau dari bani tokolong jadi nbeda orang dengan sayyid abdullah lembung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih penjelasannya. Saya sangat tertarik dengan tulisan panjenengan, terutama terkait dengan Sayyid Abdullah yang dimakamkan di belakang Masjid Jamik Arosbaya. Ketertarikan saya, karena saat ini masyarakat Probungan Tenggun Klampis tengah menelusuri leluhur mereka, yakni Sayyid Abdullah.
      Menurut tutur yang berkembang di kalangan masyarakat, beliau tidak diketahui kelahiran dan asal muasalnya. Hanya yang berkembang sampai sekarang, beliau masih mempunyai hubungan keluarga / keturunan dari Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana/ Bujuk Cendana) Kwanyar Bangkalan Madura. Ada yang mengatakan bahwa beliau adalah putra kandung, ada juga yang mengatakan cucu dari Sayyid Zainal Abidin.
      Sementara menurt versi lainnya, cerita yang berkembang akhir-akhir ini. beliau diperkirakan keturunan Sayyid sulaiman yang mempunyai keturunan Sayid Ali Akbar meninggalkan enam puta.
      Singkatnya, menurut tutur masyarakat, tradisi yang berlaku di kalangan penyebar agama Islam adalah melakukan perjalanan penyebaran dakwah dari satu tempat ke tempat lain. Terkait dengan ini pula maka Kiai Abdulloh “Bujuk Kolla”, pada awalnya mengadakan dakwah di daerah “lentok” sebuah desa antara Banyior, Kelbung dan Binoloh kecamatan Sepulu Bangkalan.
      Pada saat menyebarkan agama Islam, beliau melakukan sambil berhalwat (bertapa) di tempat kesunyian, mendekatkan diri kepada ALLOH SWT. Sebagaimana dakwa yang dilakukan oleh banyak penyiar agama Islam, beliau mendapatkan tantangan dari masyarakat sekitar, bahkan pada saat beliau berhalwat (bertapa) di suatu tempat di daerah kecamatan Sepulu, beliau mendapat gangguan luar biasa. Bahkan pada saat beliau bertapa, beliau dilempari, diganggu dan dianggap sebagai orang gila, sehingga beliau pergi meninggalkan masyarakat di daerah itu. hari demi hari dilaluinya dengan sengsara dan penuh penderitaan, namun beliau menerima semua itu dengn tabah dan sabar berjalan ke arah barat sampai akhirnya tiba di suatu tempat, tepatnya di dusun Probungan Tenggun Klampis. Di tempat inilah beliau merasakan ketenangan dalam hatinya serta memasrahkan diri kepada Allah SWT, dengen cara bertirakat, bertapa di bawah pohon polay.
      Singkat kata pula, Tidak diketahui kapan beliau wafat, dan di mana beliau dimakamkan. Menurut sebagian besar cerita yang berkembang, beliau dimakamkan di pemakaman Tengginah Bator Klampis, namun tidak diketahui nisannya. Ada yang memperkirakan, makam beliau terdapat di bagian utara areal pemakana, namun ada juga yang mengatakan dimakamkan di bagian tenggara areal makam, tapi yang jelas beliau mempunyai putra bernama Kiai Qosim yang dikenal dengan sebutan BUJUK LANGGAR. Dari beliaulah kemudian menurunkan banyak tokoh-tokoh penyiar agama Islam, khusunya di desa-desa daerah tenggara kecamatan Klampis.
      SAIFUL ABDULLAH BATOR KLAMPIS (081914442225)

      Delete
    2. Saya ingin menjalin silaturahmi dengan keluarga besar dari kerurunan sunan cendana

      Delete
  28. ini saya lagi mencari istri-istri kakek buyut saya...
    apa istri dari sayyid badruddin basyaiban masih keturunan dari sunan prapen/sunan giri?
    mohon informasinya (081332030108 Asrul Sani)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan istri dari sayyid amir qosim bin badruddin bin ali akbar bin sulaiman basyaiban juga keturunan dari sunan giri?
      mohon informasinya (081332030108 Asrul Sani)

      Delete
  29. Maha besar Allah swt. Semoga semuanya bisa mencontoh perilaku Sunan.....

    ReplyDelete
  30. saya dari keturunan ke 7 bujuk cendana zainal abidin , rumah saya di sebelah masjid sunan cendana kwanyar . saya keturunan dari mbah saya mbah kastaman , semua orang kuanyar pasti kenal . maaf hanya ngasi info dan nyari sodarah" dari keturunan asli bujuk cendana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq kturunan nyirenten jeh teh

      Delete
    2. Katanya kalau kukunya bergaris di kakinya keturunan sunan cendana sanak sodara saya gtu semua trmasuk ayah saya,karna saya gk punya catatan nasab ya saya ragu percya dan tidak

      Delete
    3. Mau tanya apa benar kalau keturunan sunan cendana ibu jari nya pecah bergaris gitu kata nenek dan ayah saya gtu saya lihat sanak sodara saya juga gtu pecah juga,tapi karna saya tidak punyq catatan nasab ya gini ni prcaya gk percya ragu2,minta infonya

      Delete
    4. Assalamualaikum,Wr,WB..
      Saat ini saya ingin konsultasi tentang silsilah satu keturunan dari sunan Cendana.
      Mohon infonya kita bisa tukar pendapat 082302045832

      Delete
  31. kalau nyai siti maryam itu siapanya dari sunan cendana, apakah beliau putra dari sunan cendana, soalnya saya baca di makam kyai addurrohman bujuk agung larangan bedung, disana ada namanya siti maryam sedangkan di atasnya ada namanya sunan cendana kwanyar, apakah siti maryam itu masih mempunyai nasab dari sunan cendana....????

    ReplyDelete
  32. kalau nyai siti maryam itu siapanya dari sunan cendana, apakah beliau putra dari sunan cendana, soalnya saya baca di makam kyai addurrohman bujuk agung larangan bedung, disana ada namanya siti maryam sedangkan di atasnya ada namanya sunan cendana kwanyar, apakah siti maryam itu masih mempunyai nasab dari sunan cendana....????

    ReplyDelete
  33. mau tanya saja apakah di desa kwanyar ada yg bernama kyai Marzuki??
    Masih ada apha sudah wafat,makam nya dmb kl wafat?
    Trimakasih..

    ReplyDelete
  34. mau tanya saja apakah di desa kwanyar ada yg bernama kyai Marzuki??
    Masih ada apha sudah wafat,makam nya dmb kl wafat?
    Trimakasih..

    ReplyDelete
  35. Saya diberitahu oleh ayah katanya saya ada keturunan R Zainal abidin, nah yg buat saya bingung skrng adlh apakah betul bahwa keturunan sunan cendana tidak diperbolehkan makan ataupun menyentuh ikan hiu? Karena katanya takut belang. Mungkin ada yg bisa jelasin.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum, saya mewakili Keturunan Bangsawan Loteng Pasarsore Sumenep yang berasal dari Keturunan Sayyid Abdul Alim Barambang, memiliki silsilah ke Sunan Cendana, dimana silsilah beliau ke Sunan Ampel - Sunan Drajat - Sunan Pakuan Kudus - Sayyid Khotib atau Raden Bandardoyo Sedayu Gresik - Sunan Cendana, keturunan selanjutnya adalah Raden Syis - Raden Kyai Muban Kampung Batang Tambak Agung Tengah Ambunten Sumenep, dari beliaulah keturunan Sumenep berasal, Silsilah ini tersimpan dalam kitab silsilah di Pondok Pesantren Loteng keturunan Pengeran Kornel Sumenep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum...
      Mohon maaf yai apakah jenengan punya buku silsilahnya sunan cendana....081703122887

      Delete
    2. Bani Muhibbad (Bujuk Pejaten)March 4, 2021 at 1:24 AM

      Bujuk barambang Sumenep adalah anak bungsu dari Nyai Aminah binti Zainal Abidin Sunan Cendana bin Radeh Khotib bin Raden Qosim Sunan Drajat bin Raden Rahmat Sunan Ampel

      Delete
  38. Assalamu'alaikum,maaf mau nanya,..maqam sayyid abdullah / syeikh amongrogo / sunan kidul benar berada di komplek pemakaman kedaton?...terimakasih

    ReplyDelete
  39. Hanya 1x dateng ke Sunan Cendana Kwanyar itupun masih belum sampai ke dalam makam cuma sebatas di Masjidnya saja.. semoga suatu saat bisa maen kesitu..

    ReplyDelete
  40. Mohon penjelasan apakah benar keturunan bujuk cendana mempunyai tanda di kuku ibu jari terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya gtu,,,kasih info donk,,,aku bingung kluargaku punya itu tpi karna saya tidak tau apa2 gak begitu yakin

      Delete
    2. Katanya gtu,,,kasih info donk,,,aku bingung kluargaku punya itu tpi karna saya tidak tau apa2 gak begitu yakin

      Delete
    3. Katanya si gitu,,saya saja juga bingung bro

      Delete
    4. Garis di kuku kata kakek saya keturunan Sunan Cendana dari jalur Nyai Siti aminah, Lembung. Ada kaitan dengan suatu ilmu yang tidak usah saya sebut.

      Delete
    5. Kenapa mas,mohon infonya mungkin bisa email mas 🙏,,,kaki ayah saya juga ada garisnya

      Delete
  41. Assalamualaikum saya ingin tau silsilah bujuk cendana sampai 7 turunan ibu bpk saya asli kwanyar mohon sdr" yg punya silsilahnya

    ReplyDelete
  42. asslamualaikum sya keturunan sunan cendan ke 10 sya berasal dari kwanyar barat kmp koncelmaut

    ReplyDelete
  43. Dimalang ada Kh marzuqi, bersaudara dengan k kasi, kyai makruf dan satu lagi kyai ahmadi gunung sereng kuwanyar. Konon mereka juga keturunan bujuk/sunan cendana barang kali ada yg menjelaskan trima kasih. Wassal.

    ReplyDelete
  44. 4 orang putra KHR.ANWAR YA'QUB (PUTRA MANGGALA) siapa saja...??? adakah yang punya catatan silsilahnya..??? catatan silsilah keluarga milik saya, mbah buyut/bujuk saya adalah putra dari PUTRA MANGGALA yang bernama KHR.Ibrahim (Makamnya ada di Astah Barat Pamekasan), KHR. Ibrahim punya putra KHR. ISMAIL yang beristrikan R.Ay. Rambang (Putri Jaksa Pamekasan)memiliki putra-putri 8 orang. Saya sekarang sedang mencari tahu siapa sajakah 4 putra Sayyid Ya'qub? kalau ada yang tau, mohon infonya ya....
    085235546452

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kiai ismail bin kiai ibrohim bin kiai abdullah bin abdul qidam araojih pamekasan... Itu silsilah ada kaitannya dg kembang koning - galis - rabah.. Dll

      Delete
    2. terus keatasnya siapa dari abdul qidam..?

      Delete
    3. apakah istri beliau adalah R.Ay Rembang binti Demang Wironegoro...??? kalo iya, berarti benar, kalau bukan berarti bukan kyai ismail yg di maksud.

      Delete
  45. Sayyid ya'qub putra menggolo penembahan sampang punya anak
    1. Putra menggolo anom
    2. Pangeran sabe pelle / pangeran sampang
    3. Maufhul kabir
    4. Arbitoh
    5. K. Koneng
    6. Arsija
    7. Kiai Abdullah ler penang

    ReplyDelete
  46. Sayyid ya'qub putra menggolo penembahan sampang punya anak
    1. Putra menggolo anom
    2. Pangeran sabe pelle / pangeran sampang
    3. Maufhul kabir
    4. Arbitoh
    5. K. Koneng
    6. Arsija
    7. Kiai Abdullah ler penang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dari keturunan putra menggolo buyut lerpenang yg ada di lerpenang patapan sampang... beliau mengatakan dengan menyebut buyut lerpenang nnt akan ketemu bahwa dia aliranku... beliau juga punya julukan santri bajingan....

      Delete
    2. Saya dari keturunan putra menggolo buyut lerpenang yg ada di lerpenang patapan sampang... beliau mengatakan dengan menyebut buyut lerpenang nnt akan ketemu bahwa dia aliranku... beliau juga punya julukan santri bajingan....

      Delete
  47. Assalamualaikum...
    sunan cendana nama itu aku pernah denger dari paman, dia bercerita kepadaku klo kakek ku masih ada silsilah dari sunan cendana, tp buku silsilah nya suda di bakar oleh kakek ku alasan takut ketunannya mengandalkan silsilah. dan aku sudah di kenak penyakit kulit yg tidak bisa di sembuhkan iya gk tau knp apa masih ada keturunan apa tidak 😀😁😂 semoga aja aku, keluarga ku dan sampeyan semua mendapatkan barokah nya (amin ya Allah). mohon maaf klo ada salah 🙏

    ReplyDelete
  48. ..askum tretan badri tinggal dmn ssmpeyan... kyknya bnyak tahu tntang silsilah kyai ya'qub... saya sdh lm nyari silsilah turunan bliau..... krn insya allah kami alur dr bujuk saba pelle (putra pangeran sosrodipuro

    ReplyDelete
  49. ternyata keturunan sunan cendana banyak ya, dan menyebar hampir keseluruh madura.walau ada silang pendapat bahwa beliau sebenarnya keturunan sunan ampel atau sunan giri. atau kalau dirangkum dari komen diatas bisa jadi keduanya, tapi yg dari gresik dari jalur sunan giri II. saya dari jalur Nyai Siti Aminah lembung.kakek , paman,dan bibik saya wajahnya masih ada arabnya, nah kalo saya cuma tinggal 16 %. contact saya afghozali@gmail.com

    ReplyDelete
  50. oh ya, tadi ada yg tanya soal kuku. kata kakek saya almarhum dari jalur lembung, ada garis di kuku jempol. Soal yang terkena penyakit belang lantaran makan ikan mondung (hiu tutul ?) saya tidak tahu obatnya. mungkin sebaiknya ke sunan cendana berziarah, semoga Allah memberi jalan keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  51. السلام عليكم
    Di kwanyar apakah ad desa atau dusun bernama krampon? krna di silsilah bhjhu' ada yang bergelar kyai khothib krampon bangkalan. شكرا وعفوا

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bgmn silsilah dan kisah khotib krampon bangkalan itu mas ? Mgkn ana py data.

      Delete
    2. Khotib krampon itu ayahnya buju' abdul 'alam prajjan. Dgn bukti tulisan tangan buju' sendiri. Begini tulisanya عبد العالم الابن الخاطب الكرمفون

      Delete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. Semoga Allah senantiasa menjaga nasab leluhur dan keturunan Sunan Cendana, penerus-penerusnya menjadi muslim yang amanah dan berakhlak luhur di lingkungan masyarakat Madura. Semoga kita lebih bijak dan cermat jika hendak mengatasnamakan keturunan.. "laisal fata man yaqulu hada abi, lakinnal fata man yaqulu ha ana da."

    ReplyDelete
  54. Mw nanyak
    Apa kturunan bujuk cendana da yg nma nya Dibuk trus Astima
    Mhon bantuan nya soal nya silsilah nya d makan rayap. Kta nya ci bpak q 5 turunan dr bujuk cendana cuma gak tw sblum Dibuk cpa?
    Mhon comen yg mngerti.

    ReplyDelete
  55. ass wrvwb saya heri nurcahyono dari mojokerto ingin menjalin silahturahmi dengan semua keluarga besar sunan cendana...
    ini terkait sil silah dari istri saya..trimakasih ini no hp saya 082132417578.

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum . Saya punya silsilah cucu sunan cendana yang dari nyai aminah

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum . Saya punya silsilah cucu sunan cendana yang dari nyai aminah

    ReplyDelete
  58. saya dari arosbaya, dari bapak saya keturunan dari bujuk cendana, keluarga saya sering ke makam bujuk cendana kwanyar, memang betul keturunan sunan cendana tidak boleh makan cukok mondung (hiu) dan setiap garis keturunan yang kukux pecah seperti pohon cendana,helap masyarakat bilang setengah gila, tp d takutin karna setiap omonganx pasti terkabul
    sebenarnya, sy kepingin mengadakan halal bihalal setiap tahun, karna keturunan sunan cendana terpecah pecah

    ReplyDelete
  59. Aq punya garis kuku n bru kali garis kuku dsimpulkn sprti diatas n syapun dr desa lembung jrengngik

    ReplyDelete
  60. D manakah makam ayah dari sunan cendana?

    ReplyDelete
  61. apa benar buju'Aji Gunung Sampang atau di sebut Raden Qabul masih keturunan Sunan Cendana?

    ReplyDelete
  62. Saya punya data silsilahnya, saya keturuna ke 9 Buju' Ahmad Jrangoan Omben Sampang, putra dari Raden Qabul Sampang, menurut data di keluarga kami ada sambung ke Sonopati Prana Jaya atau bujuk Candana, yg punya data lengkap mohon hubungi saya di nomor hp:081222221652, trmksh.

    ReplyDelete
  63. Ada yg bisa jelaskan dari turunan bujuk cendana yg turun ke bujuk morombuh. Mohon penjelasannya ihwan...??!!!

    ReplyDelete
  64. Maaf mau tanya, apa ada yg pernah dengar tentang bujuk sapo angin, di noreh,sreseh.. Barangkali ada yg tau info mengenai bujuk tsb tolong saya di ksh tau, ini nomer wa saya 083830016660

    ReplyDelete
  65. Mau tanya apa keturunan sunan cendana ada yang namanya kyai muntarom/muhtarom? Mohon infonya

    ReplyDelete
  66. Sy bingung nih mungkin ada yg bisa bantu..
    Sy dr pontianak
    Menurut cerita kuarga sy di bujahan bangkalan nenek dr bpk sy keturunan sunan cendana dan kakek dr bpk sy menyambung ke sayid sayid husen karang jimat namanya taliyan/kardiyan/sijok ndk tau mana yg benar.
    Taliyan ni dulu di zaman kerajaan buka alas di pontianak ambawang yg diberi nama kampung sungai pelaik
    Tp sy tidak tahu silsilah2 nya..
    Barangkala ada yg bisa bantu 082351670499

    ReplyDelete
  67. Sayyid abdullah suami aminah putri zainal abidin sunan cendana adalah putra ali Akbar bin sulaiman Mojoagung beliau ayah kh asror karomah bujuk langgundih kramat bangkalan tapi kh asror karomah putra dengan istri yang di pati jawa Tengah ini dawuh guru saya kh maimoen zubair pondok pesantren sarang dan juga tentang silsilah keturunan saya

    ReplyDelete
  68. Siapakah
    bujuk lembung
    Sayyid abdullah
    Suami
    Nyai aminah
    Putri
    Sunan cendana itu
    Ya..itu
    Sayyid abdullah bin sayyid ali akbar bin mbah sayyid sulaiman mojoagung beliau bangsa basyaiban

    Visi beliau

    Sayyid abdullah di beri tugas oleh Kerajaan Majapahit pada zaman kerajaan di mojokerto karena beliau pintar akan ilmu kanuragan atau silat nya di beri mandat sebagai panglima perang
    Kerajaan Majapahit

    Misi beliau

    Karena Sayyid abdullah selalu memenangkan peperangan
    Jadi Beliau di tugaskan memimpin
    Perang lagi ke Mataram
    Beliau tau jika Kerajaan Mataram mayoritas muslim

    Sebelum berangkat perang dia pamit sama istri nya
    Sayyidah khodijah
    Bersama nya
    Sayyid abdullah
    Mempunyai putra
    Yaitu
    KH ASROR KAROMAH
    BUJUK LANGGUNDIH
    Yang akan di tinggal pergi melarikan diri ke pulau Madura

    Namun ketika sesampai nya di surabaya beliau meninggalkan rombongan prajurit Kerajaan
    Lalu
    Melarikan diri ke pulau Madura

    Alasan
    Melarikan diri

    Jadi menurut Sayyid abdullah jika
    Terus berangkat ke mataram berarti akan terjadi perang saudara sesama muslim
    Kemudian beliau memutuskan
    Untuk Melarikan diri di tengah perjalanan beliau memisahkan diri dari rombongan prajurit Kerajaan Majapahit

    Sampai di pulau
    Madura

    Sayyid abdullah bersilaturahmi kepada
    Syaich zainal abidin
    Sunan cendana
    Kemudian
    sayyid abdullah
    di jadikan
    menantu Sunan cendana
    di sandingkan dengan putri tercinta nya
    Nyai aminah
    Bersama nya
    Sayyid abdullah
    Mempunyai putra putri
    Di antara nya
    KH MUHIBUDDIN
    BUJUK PAJATEN
    Beliau saudara
    Ahul liab
    KH ASROR KAROMAH
    BUJUK LANGGUNDIH

    Dalam catatan
    KH ASROR KAROMAH
    BUJUK LANGGUNDIH
    Ada di bangkalan
    Mencari ayah nya
    Sayyid abdullah
    Bujuk lembung
    Sampai berkeluarga

    Arti nya

    KH HAMIM
    BIN
    ABDUL KARIM
    BIN
    MUHARROR

    di ambil menantu oleh
    Kedua kiai

    Pertama menjadi menantu

    KH MUHIBUDDIN
    BUJUK PAJATEN
    Bersama putri nya
    Nyai hakimah
    Setelah istri nya wafat

    pindah ke sepupu istri nya
    Sayyidah khodijah
    Putri
    KH ASROR KAROMAH
    BUJUK LANGGUNDIH

    SEKIAN

    Wassalam

    ReplyDelete
  69. Ijin mas,mbah saya adalah keturutunan K.H.R ISMAIL cucu dari K.H.R IBRAHIM anak dari K.H.R YA'QUB (Sunan PUTRA MANGGALA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. K.H.R ISMAIL DAN K.H.R IBRAHIM tempat peristirahatannya ada di Pamekasan (Astah barat)

      Delete
    2. Konon makam astah barat berisi peristirahatan keturununan cakraadiningrat 1 (Sultan bangkalan/raja raja bangkalan)

      Delete
  70. Ayo pada sibuk cariin kakek buyutnya,. Sejarah tanpa prasasti itu ribet dan membagongkan..🤔

    ReplyDelete
  71. Mbah Abu Hasan Basri di Sumber Kepuh Tegal Dlimo Banyuwangi juga salah satu keturunan dari Sunan Cendana dari garis Mbah Irsyad yg ada di Gresik ini menurut kakek saya Krn beliau putra dari Mbah Abu Hasan Basri tapi sekarang malah di klaim sbg keturunan dari Sunan Gunung Jati Cirebon ..tolong itu di betulkan🙏🙏..Krn saya msh ada di Kalimantan belum bisa pulang ke Jawa

    ReplyDelete
  72. R. Miftahul Rachmad Bin R. Mudarip (R. Gondorejo) Bin Sayyid Muharrar (RP. Miftahul Arifin) Bin Sayyid Daud (Kyai Daud) Bin Sayyid Abdul Alim Bin Sayyid Abbas Bin Sayyid Muban Bin Sayyid Syit Bin Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana / Cicit Sunan Giri)

    R. Miftahul Rahmad adalah kakek saya dari org tia laki2 saya. Entah benar atau ada kesalahan dlm penulisan sislsilah di keluarga kami, karna kami juga dapat dr berbagai sumber di klrg besar kami di sumenep

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...