kwanyar

Monday, April 15, 2013

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )


D
E
F


























G
H
I




J
K
L








M
N
O












P
Q
R























S
T
U











V
W
X










Y
Z







1
2
3
4
5
6
7
8
9




















32 comments:

  1. tidak dicantumkan unsur sintaksisnya sehingga mempersulit bagi pembacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam... bisa ajarin saya dengan lebih banyak.. ~from malaysia~

      Delete
    2. Mau dunk belajar Bahasa Madura aksen Sumenep

      Delete
  2. bukannya 'kamu' itu 'been' ya? kalau 'makan' itu bukannya 'abedug'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. be' egh itu artinya kamu...
      kalau abedug menurut penalaran kami adalah bahasa tingkat yang sangat kasar, kalau pengen yang lebih halus bisa dengan kata a dhe' er dll.

      Delete
    2. kalo sumenep kayaknya :be'na" deh kamu tuh...sya sumenep punya nih...

      Delete
  3. Mator Sakalangkong Wes Ajher Bahasa Madureh

    ReplyDelete
  4. alhamdulilla bisa ajer bahasa madureh gratis.... hehe artikelnya paling manteb...
    gan... apakah ada kamus bahasa maduranya....
    dimana saya bisa beli buku tersebut... infonya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo donk belajar madura...asik tw,,,,:)

      Delete
    2. mbak tiara ajarin aq bahasa madura, sangat pengen ajher bhsa madureh...selangkong

      Delete
  5. Mangstab Juragan.
    Situs kamus online bahasa maduranya ada ga Gan? kok ane kesulitan nyarinya. :v
    Mohon bantuannya ya Gan. Mator sakalangkong se benyak gih.

    ReplyDelete
  6. jadiin tuh orang madura jadi kamus berjalan brow :v

    ReplyDelete
  7. mohon maaf sebelummnya sekedar komen ja .....
    dapet dari mana referensinya??? hati2 dengan fonologi dan abjad takutnya keliru,,, seperti : "Bebih" apa benar gitu atau cuma "bebi",, juga dengan terjemahannya spt: Ambil = ngalak,,,, apa emg gitu,, bukannya gini Ambil = kalak,,, soalnya kalau "Ngalak" itu mengambil
    terima kasih ....!!!

    ReplyDelete
  8. Kosakatanya ditambah dunk...tingkatan yg lebih halus

    ReplyDelete
  9. saya org papua sdh hampir 17 thn di sby tp belom bisa bahasa madureh pdhal banyak temen madura tapi giliran mau blajar pasti diajarin yg jorok2. sangat kepingin ajher boso madureh, mohon bimbingannya..mator selangkong

    ReplyDelete
  10. kalo bahasa indonesianya tobuk itu apa??
    mohon jawabanya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum... boleh nanyak apa arti kata,' nyedhai enggalan pasopenna, dlm bahasa madura sumenep.trmksh

      Delete
    2. Tobuk : sering
      Bukan bosan : bhusen

      saran buat penulis mohon cari referensi dari buku kosakata bahasa madura. Bahasa madura itu ada tingkatannya.

      Delete
  11. om, kalo bahasa maduranya 'hujan deras' apa ya ?
    sy tahunya cuma ojen = hujan gtu aja ngga tahu bahasa maduranya deras, makasih

    ReplyDelete
  12. manabi besa madure sumenep ta' pade, deri kata kamu bai, kamu = be'na, dika, sampeyan, panjenengngan, padena, padenan dalem, ajunan, ajunan dalem, dari kata saya= sengko', bule, kaule, beden kaule, abdina, abdi dalem,

    ReplyDelete
  13. mantep tretan sadejeh ,deremmah kaberreh ?pade beres from : Bondowoso

    ReplyDelete
  14. Aku senang belajar madura... Kalo di madurakan gmana ya mbak tiara?

    ReplyDelete
  15. NGAWUR BHS.MADURANYA , YG ANGKA

    ReplyDelete
  16. om mau bertanya bahasa halus nya aku dalam bahasa madura itu apa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya bahasa halusnya bertingkat, untuk teman menggunakan sengkok.
      Untuk orang yang lebih tua menggunakan kauleh atau bule.
      Untuk orang yang dihormati, orang tua atau yang dituakan dan untuk berdoa menggunakan abdina.

      Delete
  17. bahasa maduranya aku = engkok, sengkok

    ReplyDelete
  18. Kalau saya bahasa halusnya bertingkat, untuk teman menggunakan sengkok.
    Untuk orang yang lebih tua menggunakan kauleh atau bule.
    Untuk orang yang dihormati, orang tua atau yang dituakan dan untuk berdoa menggunakan abdina.

    ReplyDelete
  19. ini kosakatanya di rehap lagi mendingan pakek aksen sumenep dan pamekasan karena itu bahasa lebih halus serta tidak kasar di dengar bahasa madura meski sama arti tp beda pengucapan aksen sumenep di akui sangat halus sedangkan aksen bangkalan sangat kasar jd lebih baik dan indah dibaca pakek aksen sumenep saja

    ReplyDelete
  20. ini kosakatanya di rehap lagi mendingan pakek aksen sumenep dan pamekasan karena itu bahasa lebih halus serta tidak kasar di dengar bahasa madura meski sama arti tp beda pengucapan aksen sumenep di akui sangat halus sedangkan aksen bangkalan sangat kasar jd lebih baik dan indah dibaca pakek aksen sumenep saja

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.