KERUPUK UDANG SANGRAI


PEMBUATAN KERUPUK SANGRAI KHAS KWANYAR

sebagian besar warga yang berkependudukan Bangkalan dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dengan khas kerupuk Sangrai dari kwanyar dan banyak disukai oleh orang dari lokal hingga manca negara dikarenakan rasanya yang khas yang tak dimiliki daerah lain.
kerupuk udang sangrai ini banyak diproduksi di pesisir pantai tepatnya di Desa Kwanyar Barat Kecamatan kwanyar kabupaten bangkalan. letak geografis desa kwanyar barat ini berada di pinggiran pantai. kerupuk udang sangrai ini mempunyai keunikan khusus dibandingkan kerupuk udang dari daerah lain dikarenakan proses penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir pantai (rendah kolesterol) dan tanpa bahan penyedap dari pabrik.
resep dan tata cara pembuatan kerupuk udang sangrai.
bahan - bahan utama yang perlu disiapkan pembuatan kerupuk sangrai kwanyar antara lain ;
• Udang segar 1 Kg
• Tepung tapioka / tepung beras 1 kg
• 8 Siung bawang putih
• 5 siung bawang merah
• 3 Siung bawang prei
• dan garam Garam.
cara pembuatan kerupuk udang sangrai khas kwanyar ;
  1. buang seluruh kulit udang dan lepas kepala udang, cuci udang tersebut sampai bersih kemudian cingxang dan haluskan udang dengan cara ditumbuk/menggunakan penggilingan atau dihaluskan menggunakan cobik.
  2. kulit dan kepala udang dimasak di air mendidih dikarenakan nantinya air hasil dari rebusan tersebut akan digunakan sebagai penyedap alami.
  3. haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang prei yang sudah di bersihkan.
  4. Campurkan seluruh udang, tepung tapioka / tepung beras, bawah merah, bawang putih, bawang prey, tuangkan secara perlahan - lahan kuah dari kepala dan kuling udang sampai merata jangan lupa garam secukupnya menurut selera masing - masing.
  5. buat adonan tersebut bulat memanjang agar gampang dalam proses pengirisan
  6. siapkan pengukus untuk proses pemasakan. taruh adonan tersebut yang sudah berbentuk bulat memanjang didalam wadah kemudian dikukuskan. proses pengukusan ini memerlukan waktu sekitar 1 - 2 jam tergantung pengapiannya.
  7. angkat adonan yang sudah dikukus diamkan sampai dingin kemuadian iris sesuai dengan selera anda
  8. kerupuk yang sudah diiris dijemur sampai mengering ( jangan terlalu tebal dikarenakan proses penjemuran membutuh waktu yang lama)
  9. Siapkan pasir laut yang halus dan tungku untuk proses sangrai kerupuk.

Tips penggorengan kerupuk sangrai kwanyar ;
  • tunggu pasir sampai panas kemudian kecilkan api agar proses pengembangan kerupuk menjadi sempurna. (diharapkan pengapiannya kecil) agar tidak mudah gosong.
  • Kerupuk dipasang satu persatu sampai mengembang
  • diusahakan pengambilan pasir di pinggiran pantai kwanyar dikarenakan akan timbul khas kerupuk asli kwanyar ( ya kalau belum pernah berkunjung kepantai kwanyar silahkan mampir dulu) alternatif pasir ; biasa digunakan pasir laut daerah masing - masing.

<>selamat mencoba resep kerupuk sangrai khas dari kwanyar <>
jangan lupa baca basmalah sebelum membuat kerupuk sangrai kwanyar yang alami tanpa bahan penyedap dari pabrik.
tags :
kerupuk sangrai kwanyar
kerupuk kwanyar
krupuk sangrai khas kwanyar
krupuk sangrai
cara membuat krupuk sangrai

4 comments:

  1. kbanyar dimmah hedeh min?

    ReplyDelete
  2. Info cara membuat kerupuk udang sangat menarik dan bermanfaat bagi saya yg ingin belajar usaha, thx.

    ReplyDelete
  3. Saya pernah makan jajanan "kerupuk mentah" saya lupa apa namanya, resepinya sama atau tidak? 'coz saya fikir itu kemerah-merahan like ada chilli or itu warna merah daripada udang itu sendiri?

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...