petani penuh dengan bonus


BONUS PETANI
Dari segi stategis wilayah Janteh adalah desa yang maju akan pertaniannya, hampir 90% dari penduduk berprofesi sebagai petani dikarenakan di desa tersebut adalah tanah yang subur.

para petani didesa tersebut biasanya bercocok tanam antara lain ;
1. jagung, kebiasaan para petani memanam jagung sudah dilakoni sejak jaman dulukala dikarenakan tanaman jagung ini merupakan tahap awal mereka bekerja disawah pada musim kemarau, hasil dari buah jagung tersebut mereka simpan dilumbung jagung biasanya yang telah kita  ketahui bersama bahwa lumbung itu tempat untuk menyimpan padi. ternyata lumbung itu bisa diginakan penyimpanan jagung juga. jagung ini disimpan dengan tujuan sebagai belanja sehari - hari selama setahun.
2. padi, setelah musim kemarau selesai para petani menyiapkan lahannya mereka untuk ditanami padi. dikarenakan tanaman padi ini merupakan kehidupan mereka. para petani tidak menjualnya keoada tengkulank atau kepada pedagang dikarenakan padi ini mereka sebagian besar akan dikonsumsi sendiri. biasanya petani mengigiling ke penggilingan padi untuk pemprosesan menjadi beras.
3. kacang tanah, tanaman kacang ini bisa ditanama pada masa transisi pada musim penggujan dan kemarau dikarenakan pada masa ini tumbuhan kacang membutuhkan  sedikit air untuk bisa tumbuh dan berkembang. hasil dari tanaman kacang ranang ini mereka bisa disebut bonus yang paling besar dikarenakan hasil dari penjualan kacang digunakan sebagai tabungan mereka.
disamping itu Para petani mayoritas memelihara 2 buah (dua) ekor sapi yang akan diajak bekerja dalam membajak persawahan mereka. banyak hal keuntungan dalam pemilihara sapi diantaranya :
1. kotoran sapi, dikarenakan para petani sangat membutuhkan pupuk kandang untuk memenuhi kebutuhan perkebunan / pertanian mereka untuk proses penyuburan, sebagian besar petani menggunakan pupuk dari kotoran sapi yang mereka peliharan, dengan semakin mahalnya pembelian pupuk urea maka jalan alternatif untuk berjalannya penanaman tanaman menggunakan pupuk kandang. pupuk kandang adalah jalan terbaik untuk seorang petani dikarenakan pupuk kandang ini mudah didapat dan hasil dari pemupukana relatif subur bahkan lebih.
2. Anak sapi, para petani sangat bahagia apabila sapi yang mereka pelihara mempunyai anak dikarenakan pemeliharaan sapi tersebut bisa dikatakan TABUNGAN KEHIDUPAN. mengapa dikatakan demikian dikarenakan anak sapi tersebut adalah bunga bank yang sangat halal dari pada yang lain. disamping itu adalah barokah kehidupan. dengan maraknya harga sapi yang sangat melambung tinggi dipasaran, itu bisa menjadikan keuntungan yang sangat melimpah.
3. bajak sawah. ini suatu hal yang sangat penting yang perlu kita ketahui bersama. tujuan utama dari pemeliharaan sapi adalah dalam hal persawahan. dikatakan seperti itu dikarenakan harga untuk sebuah traktor sangat mahal dan tidah bisa menjalani di jalan - jalan tikus / jalan kecing jadi sapi merupakan alat pembajak yang terbaik dari pada mesin.
dapa simpulkan bahwa petani tidak perlu repot - repot untuk memcari sesuatul hal yang sangat berlebihan dikarenakan dari aspek kehidupan para petani ini sudah terpenuh semua kebutuhan dalam sehari - hari. seperti hasil dari penjualan jagung digunakan untuk belanja sehari - hari, kacang tanah dari hasil penjualan kacang tanang digunakan sebagai tabungan ketika dibutuhkan dana yang besar, padi ini tidak dijual dikarenakan padi akan dikonsumsi sendiri selama setahun lamannya, dan yang terkahir adalah dari hasil anak sapi ini akan dijual dan jadilah bonus yang terbesar. jadi secara posisi petani sudah terpenuhi kebutuhannya sehari - hari dalam kehidupan. banyak bonus yang melimpah dari seorang petani
Tags
Tip Berkebun
Para Petani di Bangkalan
Macam - macam Hasil Pertanian di Indonesia



No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...