selamatan 40 hari kematian

suara al - qur'an kelah dikumandangkan senada dengan bacaan - bacaan yang khas.
ini adalah sebuah potret 40 hari kematian seseorang yang akan dilaksanakan nantinya.
para laki - laki menyiapkan segala sesuatu hal diperlukan
seorang pertemuan dan para pria kompak mulai dari pelaksanaan. keunikan dari tradisi ini telah muncul dan sudah berlangsung dari turun menurun dari desa tersebut adalah setiap ada pekerjaan atau selamatan diharuskan menyembelih sebuah kambing laki - laki atau kambing perempuan.
disisi lain ada juga yang patut kita acungin jempol dikarenakan adat kekompakan atau kebersamaan masih melekat didesa tersebut dan para perempuan melakukan penggilingan bahan -bahan bumbu yang tersedian untuk proses pelaksanaan tersebut. mereka tidak melakukan penggilingan itu dengan meain yang sudah kita ketahui melainkan dengan laya atau bisa juga disebut cobek.
yang perlu dipersiapkan dalam rangka memperingati wafat seseorang antara lain :
  1. diharuskan ada pembacaan hataman al qur'an mulai dari pagi sampai selesai
  2. kita harus mempersiapkan undangan kepada para tetangga kita, dalam hal ini dituntuk ketelitian sesoraang untuk melaksanakan penyebaran undangan agar para tetangga dapat diundang terutama tetangga dekat kita, jangan sampai lupa kyiai untuk diundang
  3. Soundsystem
  4. konsumsi
dalam halal adat daerah semuanya pasti berbeda dalama tahapan / persiapan pelaksanaan, tergantung pada setiapa daerah masing - masing. kita akan membicarakan desa janteh. dari pahi ada pembacaan al-qur'an sampai selesai, para petangga banyak yang berkunjung untuk membantu dalam pembuatan konsusmsi yang akan dibagikan nanti pada malam hari, biasanya menu utama adalah kambing untuk proses tersebut. dan para tetangga yang membantu dalam proses ini akan diberikan suatu nasi yang dipetok yang merupakan khas desa tersebut, pada saat pagi hari para tetangga khususnya laki - laki membuat ong naong ( tempat berteduh ) yang terbuat dari bambu dan terpal. para lelaki ttuntuk untuk kompak untuk pembuatan terop / ong naong agar lebih cepat, fungsi dari pembuatan ini dimaksudkan agar dalam hal pelaksanaan ketika terjadi hujan.

1 comment:

  1. se andik blog macem reng jenteh, mak artikel lah jenteh melolo

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...