manfaat pohon kelapa


pohon kelapa adalah pohon sejuta ummat. dikatakan pohon sejuta ummat dikarenakan dimanapun pohon kelapa itu ditanam / tumbuh pasti akan hidup dan tumbuh kecuali diudara. pohon kelapa itu dilambangkan didalam suatu organisasi yaitu bisa kita ketahui adalah lambang pramuka. dikarenakan pramuka itu bisa hidup dimana aja.
pohon ini banyak sekali manfaatnya bagi seluruh umat manusia. mulai dari batang, ranting, daun bahkan buah dan airnya.
kelapa bisa dibuat aneka makanan enak yang diambil dari sari patihnya sebagai bahan utama makanan khusunya
masakan padang, bisa juga dipergunakan sebagai sambal kelapa yang digoreng sampai mengering. bahkan air kelapa  bisa dipergunakan sebagi obat alami yang dapat mengurangi kadar racun didalam tubuh kita semua dan memperlancar sirkulasi peredaran darah. dan batangnya bisa dipergunakan  sebagai bahan bangunan dan rantingnya bisa dipergunakan sebagai tusuk sate. daunnya dipergukan sebagai alat bungkus ketupat. lumayan banyak manfaat bagi kita mulai dari batang, serabut, ranting, daun , buah dan airnya.
pohon ini tergolong sangat kuat dan dapat hidup di segala musim dan kondisi yang extreme.
terkadang seseorang bingung dan resah ketika pohon kepala menghadapi  wabah penyakit seperti serangga (tabengbung) yang telah kita ketahui secara umum, sehingga pohon tersebut perlahan - lahan pasti mati. banyak seribu cara dan tekhnik yang disodorkan oleh konsultan pertanian dan konsultasi online yang diterbitkan melalui artikel - artikel dimajalah, blogger dan situs - situs yang lainnya yang tak perlu saya sebutkan satu persatu secara detail. saya berpikir apakah teknik tersebut dapat diterima secara akal dan dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan kita. banyak hal pengalaman yang saya alami selama merawat pohon tersebut. dari hasil pengalaman saya banyak cara yang dilakukan agar pohon bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang banyak dan dapat berbuah seusia sedini mungkin.

  1. anda harus melakukan pemupukan dengan pupuk kandang biasanya digunakan dari kotoran sapi atau kotoran kambing yang sudah dikeringkan dan tanah hasil dari pembakaran sampah sehingga dapat menyuburkan dan menggembukan tanah. kita tidak perlu memberikan pupuk yang lain selain yang saya sebutkan.
  2. kita harus rajin dan rutin membersihkan serabut yang menempel dibebatang pohon kelapa tersebut mulai dini agar mempercepat pembesaran pohon kelapa tersebut sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan.
  3. jangan pernah memotong ranting apabila pohon itu masih muda dan belum berbatang itu dikarenakan pohon tersebut masih rentan dan tidak akan tumbuh atau bahkan mati secara perlahan - lahan tanpa kita ketahui penyebnya. jadi harus berhati hati dalam hala tersebut, meskipun rantingnya roboh bahkan rusak menurut saya dibiarkan aja menunggu pohon tersebut berbatang besar.
  4. agar pohon kelapa tidak diserang oleh serangga atau hama yang lain, maka diharuskan memberi sedikit garam yang dilarutkan oleh air. cara sangat mudah dan gampang dalam proses pembuatannya dan sangat efektif selama ini. kita cukup menyiapkan tempat botol air yang sudah dicampurkan sedikit garam dapur dan kemudian botol tersebut kita isi dedikit air mineral sementara itukit lubangi sedikit bitol tersebut agar air dapat menetes ke kompos batang pohon secara pelan - pelan. dan jangan lupa botolnya digangtung diatasnya agar lebih lancar dalam proses penetesannya

cukup mudah untuk memelihara sebatang pohon kelapa dan kita banyak dapat manfaatnya dari sebuah pohon kelapa mulai dari batang, ranting, daun, buah kelapa dan airnya.
pencarian : kelapa, buah, pertanian , manfaat

5 comments:

  1. Kunjungan perdana memenuhi undangan......

    Kereen neh artikel

    sukses yaaah......

    follow blog ku yah.....


    Free Backlink Bip Media

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya, ternyata selain enak, buah kelapa menyimpan banyak manfaat.

    ReplyDelete
  3. sudah baca artikel ini jadi kepengen kelapa muda...
    terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  4. nih pohon, selain sehat dan baik buahnya, dari daun paling atas sampai yang paling bwah bisa di manfaatkan.

    ReplyDelete
  5. nice post sob .. mksih udah bagibagi informasinya ..

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan dan santun.
perlu menjadi perhatian apabila anda mencopas artikel ini diharapkan menyertakan sumbernya.

WIKI - BAHASA MADURA ( BELAJAR BAHASA MADURA )

wiki bahasa madura belajar bahasa madura dengan kosa kata baik dan benar. bahasa madura sangat mudah dipelajari tetapi cara penguca ...